Model
Pembelajaran Problem Posing
A. Pengertian
Model Pembelajaran Problem Posing
Problem
Posing terdiri dari dua kata yaitu “problem” yang artinya masalah dan “posing” berasal dari kata “pose”
artinya membentuk atau mengajukan Problem
Posing. Model pembelajara Problem
Posing mempunyai bebrapa arti, yaitu pertama perumusan soal dengan bahasa yang
baku / standar atau perumusan kembali soal yang ada dengan beberapa perubahan
agar sederhana dan dapat dikuasai, kedua, perumusan masalah yang berkaitan
dengan syarat – syarat pada soal yang dipecahkan dalam rangka mencari
alternatif soal yang relevan, dan ketiga, perumusan soal dari suatu situasi
yang tersedia baik yang dilakukan sebelum, ketika, atau setelah mengerjakan
soal.
Menurut As’ari (2000 : 5) Model pembelajaran Problem Posing dengan pembentukan soal
atau merumuskan soal atau menyusun soal.
Selanjutnya Amri (2013 : 13) menyatakan bahwa pada
prinsipnya, model pembelajaran problem posing mewajibkan siswa untuk mengajukan
soal sendiri melalui belajar soal dengan mandiri.
B. Langkah – Langkah Model Pembelajaran Problem Posing
Menurut
Suyitno (2004 ; 31 – 32) menjelaskan penerapan model pembelajaran Problem Posing adalah sebagai berikut :
1. Guru menjelaskan materi pelajaran kepada
siswa. Penggunaan alat peraga untuk menjelaskan konsep sangat disarankan,
2. Guru memberikan latihan soal,
3. Siswa diminta mengajukan 1 atau 2 buah
soal yang menantang, dan siswa yang bersangkutan harus mampu menyelesaikannya.
Tugas ini dapat pula dilakukan secara kelompok,
4. Pada pertemuan berikutnya, secara acak,
guru menyuruh siswa untuk menyajikan soal temuannya di depan kelas. Dalam hal
ini, guru dapat menentukan siswa secara selektif berdasarkan bobot soal yang
diajukan oleh siswa,
5. Guru
memberikan tugas rumah secara individual.
C. Kelebihan
Model Pembelajaran Problem Posing
1. Mendidik
murid untuk percaya akan diri sendiri,
2. Mendidik
murid untuk berfikir secara kritis,
3. Siswa
dapat aktif dalam pembelajaran,
4. Siswa
belajar menganalisis suatu masalah.
D. Kekurangan
Model Pembelajaran Problem Posing
1. Murid
tidak semuanya akan bertanya,
2. Model
pembelajaran ini tidak bisa digunakan dalam kelas rendah,
3. Membutuhkan
waktu yang cukup lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar